Sabtu, 23 Januari 2010

RAHASIA AWET MUDA DAN PANJANG UMUR


Pola hidup sangat mempengaruhi kondisi fisik kita. Makanan, tingkat stres, kondisi lingkungan besar sekali pengaruhnya pada kesehatan kita. Ketika orang berbicara mengenai awet muda dan panjang umur mungkin banyak yang menjawab yaitu dengan hidup bahagia, lingkungan sehat, makanan yang sehat bergizi. Ada juga yang menawarkan resep tampil awet muda dengan aneka perawatan kecantikan, namun perawatan kecantikan hanya menawarkan perawatan kulit luaran saja umumnya dengan produk-produk kecantikan yang harganya selangit atau dengan bedah plastik. Namun solusi tampil awet muda tersebut tidak serta merta menawarkan untuk menambah panjang umur. Rahasia awet muda dan panjang umur bukanlah hal yang mahal, intinya kita kembali ke alam. Rahasia awet muda dan panjang umur adalah pola hidup vegetarian! Boleh dikatakan rahasia awet muda dan panjang umur berawal di lidah anda. Dengan menkonsumsi makanan vegetarian maka emosi marah, benci, kesal bisa dikendalikan lebih mudah, hidup kita menjadi lebih bahagia karena emosi lebih mudah dikontrol. Bisa saja kita mendapatkan kehidupan yang sehat dengan menkonsumsi daging dalam jumlah tertentu namun emosi lebih sulit dikontrol.
Makanan vegetarian adalah makanan yang universal yang bisa diterima semua agama dan keyakinan, sedangkan makanan daging ada istilah halal dan haram. Pada makanan daging tentu ada agama yang mengharamkan daging sapi, agama yang lain menghalalkan daging babi dan beberapa daging lainnya. Pada makanan vegetarian karena tidak memakai produk hewani tentu saja lebih terjamin kehalalannya!
Supaya kita awet muda maka makanan vegetarian itu juga sedapat mungkin diusahakan yang organik, pemasakan sebentar saja, kurangi memasak dengan minyak dan sedapat mungkin di rebus. Alangkah lebih baiknya jika sedapat mungkin kita menkonsumsi makanan mentah. Makanan yang dimasak berarti unsur-unsur nutrisi makanan yang kita konsumsi tersebut sudah hilang 50% atau bahkan lebih. Sedangkan sel tubuh kita memerlukan nutrisi makanan yang sesuai suhu tubuh, jadi kalau makanan sudah dimasak melebihi suhu tubuh maka makanan tersebut sudah menjadi rusak.
ANTIOKSIDAN
Buah-buahan dan sayur-sayuran kaya akan antioksidan, sebagai contoh apel lokal organik kaya akan vitamin E yang berkhasiat menjaga kesehatan dan kehalusan kulit, selain itu juga kaya kandungan potasium, jambu biji mengandung vitamin C  yang jauh lebih tinggi daripada jeruk, wortel kaya akan kandungan beta karoten, jus bayam kaya akan klorofil (zat hijau daun). Antioksidan ampuh melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Akan lebih bijaksana jika kita memilih buah lokal organik, sebab umumnya buah impor rentan kandungan pengawet, hasil rekayasa genetika untuk menumbuhkan buah-buahan unggul namun miskin kandungan nutrisi.
HAL-HAL PENTING UNTUK AWET MUDA DAN PANJANG UMUR
Untuk mendapatkan awet muda dan panjang umur maka kita setiap hari mesti berusaha menkonsumsi makanan vegetarian, sedapat mungkin makanan itu organik. Pada pagi hari minumlah air yang banyak, buah-buahan segar. Makan nasi dan lauk pauk adalah sekitar jam 10-12 pagi untuk makan pertama dan makan yang kedua jam 6 sore – 8 sore. Pada akhir pekan berpuasalah, hanya menkonsumsi buah saja dan air. Hiduplah dalam lingkungan yang saling mengasihi, tanpa polusi udara, idealnya agak jauh dari lingkungan polusi. Hadapi setiap masalah dengan senyuman, jangan teralu stress, masalah itu untuk dicari jalan keluarnya, dipikir saja sampai stress tak akan menyelesaikan masalah! Hanya akan mempercepat proses penuaan! Kemudian olah raga yang teratur, olah raga yang saya sarankan adalah lari pagi. Lari pagi 500m – 1 km 2 kali seminggu sudah cukup membuat badan bugar.olah raga lain yang saya sarankan adalah olahraga renang, paling baik buat kesehatan. Dengan berenang seluruh tubuh kita ikut bergerak, olahraga renang membuat jantung kita sehat! Kalau memungkinkan berenanglah seminggu sekali selama kurang lebih 1-2 jam! Air pada saat berenang juga menstabilkan suhu tubuh kita. Jauhi rokok, alkohol, suplemen, bahkan obat kimia sedapat mungkin dihindari jika sakit kita masih memungkinkan diobati dengan obat herbal. Gula sedapat mungkin dihindari, apalagi sari manis! Gula merupakan penyebab penyakit kanker! Garam sedapat mungkin dikurangi, karena garam meningkatkan resiko tekanan darah tinggi. Bahkan kita mungkin hidup tanpa garam, sebab melalui sayaur dan buah yang kita makan sudah memenuhi unsur-unsur dalam garam yang diperlukan tubuh kita. Jadi kesimpulannya untuk hidup awet muda itu ternyata memerlukan biaya terjangkau! Alangkah bijaksananya kita jika kita berhasil lepas dari budah sepotong lidah yang menyebabkan kita menkonsumsi makanan yang kurang ber

0 komentar:

Posting Komentar